Belajarlah Money Management! Karena Dapat Merubah 180 Derajat Kehidupan Anda..

Masih teringat jelas di tahun 2000-an di saat saya masih duduk di bangku SMA, masa dimana setiap orang mencari jati diri. Banyak sekali kegalauan yang saya alami, terutamanya adalah masalah ekonomi yang bertepatan dengan kebangkrutan bisnis keluarga akibat krisis moneter. Di masa ini, dimana saya yang biasa mengendarai mobil pribadi bersekolah, harus mau tidak mau menjual mobil pribadi dan menaiki motor yang harganya palingg murah diantara motor-motor yang lain. Yang lebih menyakitkan lagi kenyataan bahwa motor itu dibeli dengan credit.

Sebagai manusia pada umumnya tentu rasa frustasi menghampiri saya hingga saya berangan-angan ada uang yang turun dari langit dalam jumlah yang sangat banyak atau memenangkan undian miliaran rupiah hingga menemukan harta karun. Memang terdengar naïf, tapi saya rasa tidak hanya saya yang berpikir seperti didunia ini.

Di satu sisi saya melihat keluarga saudara memiliki kehidupan sejahtera, dan bisa di bilang mapan. Tetapi entah mengapa mereka mememutuskan untuk menjual tanah warisan. Tanah Bali yang sudah terkenal MAHAL apalagi berada dilokasi pantai dengan wilayah Kuta. Tentu saja hasil menjual tanah warisan ini seketika membuat mereka mendapatkan uang mendadak yang tidak sedikit. Saya berkata tidak sedikit karna uang hasil penjualan tanah warisan tersebut dapat memborong beberapa mobil mewah, beberapa rumah, dan beberapa bisnis.

Sempat terlintas dibenak saya bahwa hidup ini “NOT FAIR”, maklum karna waktu itu saya masih ababil (ABG Labil). Setelah waktu berjalan cukup lama dan saya beranjak dewasa saya melihat kenyataan bahwa saudara saya yang mendapatkan “uang tidak sedikit” dari penjualan tanah warisan tersebut jatuh bangkrut tak bersisa kecuali hutang. Semua bisnis yang dia beli dan tidak pernah diurusnya dengan serius akhirnya bangkrut, mobil-mobil mewah pun hanya memakan biaya serta semakin lama harganya harus turun. Beberapa rumah yang sempat di beli juga tidak menghasilkan karena tidak disewakan. Ditambah gaya hidup lebih mewah tentunya mempercepat keadaan financial dia yang susah diselamatkan.

Seiring dengan waktu, saya dan sekeluarga harus tetap berjuang setiap hari dengan segala usaha menutup hutang. Keadaan saat itu memaksa saya dan keluarga untuk tetap berupaya karena tidak ada pilihan lain. Dari mencoba bisnis lagi, mencari pekerjaan yang lebih baik dan lainnya ternyata membuahkan hasil. Kami sangat berhemat, tidak sembarang membelanjakan uang. Keadaan ekonomi saya dan sekeluarga semakin membaik. Ada beberapa pelajaran penting yang saya dapatkan dan ingin saya share di sini…

  1. Setiap orang memiliki cycle up and down kehidupan. Ada saatnya kita semua dalam keadaan yang tenang, yang mapan, tidak ada keruwetan yang perlu digalaukan. Disaat inilah setiap orang seharusnya khawatir kalau tidak ada yang dikhawatirkan. Mungkin kita bisa lupa disaat kita mapan atau berlebih. Lupa bisa berarti kita membelanjakan uang tanpa memperhatikan seberapa besar yang bisa kita hasilkan istilahnya menghamburkan atau berfoya-foya. Disaat memiliki banyak modal, memulai bisnis itu gampang, tapi untuk menjalankan bisnis dengan keadaan yang serba terdesak itu berbeda. Hal ini bukan berarti Anda harus selalu khawatir sepanjang hidup. Tidak! Setiap orang selama hidupnya pasti memiliki masalah, dan masalah pasti akan ada. Disaat kita menghadapi masalah selalulah berupaya, sehingga yang sudah terlewatkan selalu menjadi fondasi dimasa depan DAN JUGA tidak ada salahnya belajar dari orang lain yang sudah pernah mengalami masalah sehingga kita tidak membuat kesalahan yang sama, atau paling tidak bisa menghandle dengan baik masalah yang sama.
  2. Tahu cara mengelola keuangan atau istilahnya “money management” itu HARUS!! Seandainya solusi ini saya ketahui sebelum keluarga saya bangkrut kemarin, mungkin ceritanya akan berbeda saat ini. Begitu juga dengan sepupu saya, seandainya dia tahu, tidak mungkin dia harus menjalani masa yang sulit hasil dari kaya mendadak.

Ini contoh sederhana yang akan membuat Anda semakin paham dengan “Money Management” …

SEBERAPAPUN uang yang kamu miliki tidak peduli 100 ribu, 200 ribu, 1 milyar harus dikelola dengan pengetahuan yang benar. Sekali lagi pengetahuan YANG BENAR!!

“Memiliki uang 1 milyar gampang mengelolanya, tinggal beli bisnis saja.. :)”

Hei tidak setiap bisnis itu menguntungkan! Bisnis bisa untuk kalau yang mengelola memiliki kemampuan dan pengetahuan yang benar! Tidak sedikit pula ngeyel bilang.

“Nanti saja kalau sudah punya uang baru belajar money management !”

Benar Benar.. Ini sama seperti orang yang mau nurunin berat badan 5 kilo, ah entar saja olahraga sama diet kalo dah turun setengah kilo dulu. Kalian harus belajar money management dulu… baru bisa punya uang banyak.

Lihat saja Mike Tyson petinju pujaaan jutaan orang yang dulu penghasilannya triliuan rupiah, kok sekarang malah bangkrut sampai harus berhutang di masa tuanya?? Karena dia gak tahu cara mengelola keuangannya! Berapa banyak biaya kebun binatang pribadi yang dia pernah hamburkan? Lebih banyak dari penghasilannya. Berapa banyak biaya – biaya hidup mewah yang telah dihamburkan oleh sepupu saya? Jawabannya sama “lebih banyak daripada yang dihasilkan”..Jadi teringat satu lagi; Negara pun harus pintar money management, sudah nyata kita lihat beberapa negara yang sebenarnya gak sekayaa kekayaan alamnya dengan negara kita kok rakyatnya lebih sejahtera, penghasilannya lebih tinggi, lebih maju??

Memang uang bukanlah segalanya, tapi segala-galanya butuh uang. Ini FAKTA! “Money Management” bisa simple bisa juga komplek. Hal ini tergantung dengan kondisi masing orang- orang dan juga terutama dari history karaketer orang tua yang juga sangat berpengaruh.

TETAPI tentu saja ada garis besarnya, coba rasakan mulai sekarang, kalau kalian saat ini memiliki pengeluaran yang lebih banyak daripada penghasilan ini berarti kalian tidak bisa mengelola keuangan. Kalau kalian memiliki uang lebih atau harta yang lain, apakah harta itu bisa menghasilkan atau malah membuat kamu mengeluarkan biaya?? Renungkan jawaban dari pertanyaan ini karna akan mampu membuat hidupmu berubah.

Seru sekali kan “Money Management” ini untuk dipelajari, akan saya ulas pembahasan lengkapnya di tulisan-tulisan saya selanjutnya..

 

Stay Tuned…!!

Comments

comments

Comments

wonderful comments!